21.6.14

A Little Story About IELTS Test

Mungkin belum banyak orang yang tau apa itu IELTS. Yap, IELTS singkatan dari International English Language Testing System, tes IELTS ini di peruntukan buat orang yang mau belajar ataupun kerja di Australia maupun Inggris yang memiliki aksen British.

Well, aku bingung harus mulai dari mana, haha. Aku kenal IELTS pun belum lebih dari 3 bulan. Tes ini wajib aku ikutin buat persyaratan dapetin visa work and holiday Australia. Aku baru bener-bener mempersiapkan diri buat tes ini H-3, bayangin gimana stresnya saat itu. Aku daftar tes ini di Specta Education Kelapa Gading, untuk yang Tes General Training. Nekat daftar di H-10 karena tes IELTS ini diadain lagi bulan depan. Sedangkan kalo bulan depan waktunya udah mepet banget buat ngurus-ngurus cuti kuliah dan yang lainnya.

Pas aku daftar pun, aku merasa jadi orang paling bodoh, aku ngga ngerti apa yang harus aku isi di formulir pendaftaran IELTS. Sempet kena semprot juga sama petugasnya karena nanya apa yang harus diisi. Petugasnya bilang “Mba, makanya dibaca dulu apa perintahnya, jangan langsung nanya” okay, aku udah baca, tapi itu teksnya bahasa inggris, aku ngga paham makanya aku nanya T-T. Malu-maluin banget ya, haha mungkin petugasnya bertanya-tanya dalam hati “Apa bener ni orang mau daftar IELTS?”

Setelah daftar dan tau tanggal tes, aku ngga langsung belajar IELTS. Di kampus aku sibuk sama UAS dan IELTS pun terbengkalai. H-3 tes, aku udah kaya orang gila mungkin. Gugup bukan main, aku baru bener-bener belajar di H-3 tes ini. Listening modul aku tuntasin, reading modul aku pelajarin dan writing task pun ga sempet aku sentuh karena udah keburu D-day :”) haha I’m so sorry my sis, I’ve been wasting my time.

Dihari tes, aku sampe di Specta jam 8 kurang 10 menit. Disitu aku sempet narsis dulu sebelum masuk ruangan. Orang-orang yang ikut tes rata-rata berkulit putih dan sipit. Aku satu-satunya peserta yang make kerudung (agak ga penting). Pas masuk ruangan, dikasih pengarahan dulu ama pengawasnya, and its in english. Tapi aku paham ko apa yang diomongin ama pengawasnya :p

Diawal listening, aku masih belum focus, ada 10 pertanyaan yang ngga aku jawab, karena aku gatau apa yang diomongin. Abis listening, lanjut ke reading test, di reading aku agak PD karena soalnya ga jauh beda dari apa yang udah aku pelajarin. Next, writing test. Di writing, grammarku ngga karuan. Ada 2 pertanyaan, di task 1 harus mengarang sebanyak 150 kata dan task 2 mengarang 250 kata. Mengarang pake bahasa indonesia aja kadang suka ga dapet inspirasi, dan ini mengarang pake bahasa inggris HAHA *ketawa jahat. Tes ini selesai jam 12.30. Speaking test dimulai jam 18.20 (dijadwal)

Selagi nunggu tes speaking, aku ngajak hanif dan dika buat makan dulu di Arion Mall. Oya, Hanif ini temen kampusku yang udah support aku abis-abisan buat melewati rangkaian tes IELTS ini. Dia udah nemenin aku daftar, nganterin aku pas tes. Jadi orang terakhir yang nyemangatin aku saat aku udah masuk ke dalam ruangan tes. Bahkan, pas aku bilang “Nif, ko ga ada yang sms buat nyemangatin ya?” tiba-tiba dia sms aku buat ngasih semangat, padahal saat itu dia lagi disamping aku haha aku cuma bisa berdoa, semoga Allah yang membalas semua kebaikan hanif dan memudahkan segala urusannya.

Then, baru selesai shalat Ashar aku dapet telpon dari Specta kalo speaking testnya udah mau dimulai, disitu aku agak kesel juga karena aku, hanif dan dika belom sempet makan. Akhirnya aku balik lagi ke Specta, ngga lama setelah sampe, aku masuk ruangan Speaking Test. Hmm, mungkin aku satu-satunya peserta yang paling cepet keluar dari ruangan. Aku seneng bisa ngobrol ama bule, aku ngerti apa yang dia omongin tapi aku ga bisa jawabnya haha pengalaman pertama ketemu dan ngobrol ama bule, tapi langsung dinilai itu rasanya…………….

Sekarang aku cuma bisa pasrah, aku udah bener-bener pesimis rasanya T-T.
Mamah, teteh, fidia, dika dan yang lain bilang pasti ada keajaiban dari Allah. Allah akan berikan kemudahan untukku biar bisa pergi ke Perth. Niatku kesana cuma pengen bantu-bantu teteh dan ngurusin keponakan meskipun aku harus ngorbanin kuliah.
Aku harus percaya, aku pasti bisa menginjakkan kaki di Australia, entah itu pake visa Work and Holiday atau pake visa Tourist. Kalaupun tidak, itu udah merupakan takdir terbaik dariNya :”)

ini persyaratan dan nomor kandidatnya .-.
Okay, this is my story about IELTS test, how about you?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar